Jenis-Jenis Beasiswa Untuk Mahasiswa Berprestasi

Masuk perguruan tinggi dengan beasiswa prestasi pasti menjadi impian banyak anak, termasuk Anda. Kuliah dibiayai, bahkan biaya hidup juga ditanggung. Rasanya sungguh enak.

Tapi untuk mendapatkannya memang tidak mudah, persaingannya cukup ketat. Anda harus memiliki tekad, kerja keras, dan juga harus pandai mencari celah.

Macam-macam Beasiswa

Beasiswa prestasi adalah bantuan pendidikan untuk seseorang yang mempunyai suatu pencapaian akademik atau non akademik.

Beasiswa tersebut biasanya diberikan oleh suatu lembaga. Jika Anda bertekad mengejar beasiswa, Anda harus tahu lembaga-lembaga apa saja yang biasanya mengeluarkan beasiswa. Berikut ini adalah beberapa jenis beasiswa berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya.

1. Government Scholarship

Pihak yang mengeluarkan beasiswa prestasi ini adalah lembaga milik pemerintah.

Anda tentu sudah sangat familiar dengan LPDP. Nah, LPDP adalah salah satu Government Scholarship yang dikeluarkan oleh Kemenkeu. LPDP ini sangat populer karena membantu banyak anak Indonesia untuk bisa kuliah di luar negeri.

Selain kemenkeu dengan LPDP nya, beberapa lembaga lain juga kerap mengeluarkan beasiswa. Diantaranya seperti Bappenas, LIPI, Kemenristekdikti, Bank Indonesia, Kemenkominfo, dll.

2. Private Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh perusahaan swasta. Pemberian beasiswa tersebut biasanya sebagai bentuk program CSR perusahaan.

Beberapa beasiswa dari lembaga swasta yang diketahui masih aktif adalah: Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa ASTRA, Beasiswa YBM BRI, Beasiswa BCA Finance, Beasiswa CIMB ASEAN, Beasiswa Tokopedia, dll.

3. Community Organization

Beasiswa ini diberikan oleh suatu yayasan atau organisasi tertentu.misalnya seperti Beasiswa dari The Habibie Center, Yayasan Beasiswa Jakarta, Beasiswa Van Deventer-Maas.

Setiap yayasan memiliki nilai-nilai tertentu yang dihidupi. Nah sasaran yang diberikan beasiswa mengacu pada nilai-nilai yang diusungnya.

4. University Scholarships

Ini adalah jenis beasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri, kerap memberikan beasiswa.

Beberapa contoh yang beredar diantaranya: Beasiswa Adelaide University Australia, Beasiswa President University Indonesia, Beasiswa Prestasi UGM, Beasiswa APERTI BUMN (Beasiswa Kampus BUMN), Beasiswa University of London, dll.

5. Beasiswa International

Jenis beasiswa ini biasanya diberikan oleh negara maju yang memiliki duta besar di Indonesia atau lembaga dunia. Beasiswa diberikan pada anak Indonesia untuk bisa berkuliah di luar negeri.

Salah satu contohnya adalah beasiswa USAID yang dikeluarkan pemerian Amerika. Pelajar Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini bisa berkuliah di kampus Amerika.

Selain itu ada juga Beasiswa Chevening yang dikeluarkan Inggris. Beasiswa Australia Award yang dikeluarkan pemerintah Australia. Beasiswa World Bank dan lain-lain.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment